Skip to main content

follow us

Apakah pengertian Gaya? Dan, ada berapa macam - macam gaya? Yuk kita luangkan waktu sejenak untuk membaca dan memahami jawaban dari pertanyaan - pertanyaan tersebut.


A. Pengertian Gaya

Gaya adalah suatu tarikan atau dorongan yang terjadi pada suatu benda. Dengan adanya gaya pada suatu benda, maka gaya dapat mempengaruhi benda yang semula diam menjadi bergerak dan dapat diubah bentuknya.

Tahukah Anda? Alat untuk mengukur gaya adalah neraca pegas atau dinamometer.

Gaya juga merupakan salah satu besaran turunan, yang diturunkan dar8 besaran panjang, massa, dan waktu.

Secara matematis, persamaan gaya adalah :

F = m x a

Di mana F adalah gaya yang dihasilkan oleh massa suatu benda dengan percepatannya.
Satuan Gaya (F) adalah Newton (N), sedangkan satuan Massa (m) suatu benda tersebut adalah Kilogram (kg), dan satuan Percepatan (a) yang dilakukan oleh benda tersebut adalah m/s².

Satuan tersebut merupakan satuan Sistem Internasional (MKS) dari Gaya. Sedangkan dalm sistem CGS, satuan gaya adalah dyne.

Nilai 1 Newton setara dengan 10dyne. Dalam hal ini, 1 Newton adalah nilai gaya yang memberikan percepatan 1 m/s² pada sebuah benda yang bermassa 1 Kilogram.

Sehingga, dari penjabaran persamaan gaya di atas dapat diketahui bahwa nilai 1 Newton setara dengan 1 kg m/s².



B. Macam - macam Gaya

Terdapat beberapa macam gaya, antara lain sebagai berikut :

1#. Gaya Sentuh
Gaya sentuh merupakan gaya yang terjadi melalui persentuhan antara benda - benda yang berinteraksi. Beberapa contoh gaya sentuh adalah gaya otot, gaya pegas, gaya mesin, dan gaya gesek.

a). Gaya Otot
Merupakan gaya yang ditimbulkan oleh aktifitas otot. Misalnya adalah aktifitas manusia saat mendorong mobil mogok.

b). Gaya Pegas
Merupakan gaya yang terjadi akibat dorongan pegas (pir) untuk mengembalikan dorongan. Misalnya adalah seperti anak busur yang telah dipanahkan, anak busur akan meluncur ke depan akibat dorongan dari pegas.

c). Gaya Mesin
Merupakan gaya yang diakibatkan oleh pembakaran kerja mesin. Misalnya adalah kendaraan bermotor (golongan mobil dn sepeda motor) dapat bergerak akibat dorongan dari kinerja mesin.

d). Gaya Gesek
Merupakan gaya yang terjadi akibat adanya 2  permukaan benda yang bersinggungan. Arah  gaya gesek berlawanan dengan arah gerak benda. Contoh dari gaya gesek adalah gesekan antara sendal yang kita pakai dengan peemukaan jalan yang sedang kita lewati.


Kemudian, tahukah Anda apa saja faktor - faktor yang mempengaruhi besarnya gaya gesek?

Berikut adalah beberapa poin yang menjelaskan bahwa gaya gesek dapat menjadi lebih besar nilainya, apabila :

1). Luas permukaan benda terhadap gaya gesek semakin besar
2). Berat benda teehadap gaya gesek semakin besar, dan
3). Kekasaran permukaan benda terhadap gaya gesek semakin kasar


Sedangkan cara untuk mengurngi gaya gesek agar lebih menguntungkan bagi kehidupan adalah sebagai berikut :

1). Menambahkan roda pada dasar benda sehingga dapat didorong dengan mudah
2). Permukaan lintasn benda dibuat licin agar gaya gesek yang ditimbulkan bernilai kecil
Pembahasan Materi Gaya dan Macam - macam Gaya


2#. Gaya Tak Sentuh

Gaya tak sentuh terjadi tanpa adanya persentuhan antara benda - benda yang berinteraksi. Contoh gaya tak sentuh adalah gaya magnet, gaya listrik, dan gaya gravitasi.

a). Gaya Magnet
Merupakan gaya semacam tarikan yang ditimbulkan oleh magnet terhadap suatu benda feromagnetik. Misalnya magnet yang digunakan untuk menarik paku yang berada di jalan raya, agar pengguna jalan dapat melintas dengan aman tanpa ada ancaman ban bocor.

b). Gaya Listrik
Merupakan gaya tarik yang disebabkan oleh elektron - elektron sehingga menghasilkan listrik statis pada suatu benda. Misalnya gaya listrik yang ditimbulkan oleh penggaris plastik terhadap potongan kertas akibat digosokkan dengan rambut.

c). Gaya Gravitasi
Merupakan gaya tarik benda menuju titik pusat bumi. Misalnya benda yang kita lempar ke atas, akan menuju ke bawah lagi dan jatuh di permukaan bumi.


Nah... Demikianlah sedikit ulasan materi mengenai materi gaya dan macam - macamnya. Jika Anda masih ingin belajar materi lebih banyak lagi, bisa mengunjungi halaman peta situs (daftar isi) melalui link di bagian bawah halaman ini.

Comment Policy: Silakan berkomentar sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar

This website uses cookies to ensure you get the best experience on our website. More Info