Kurikulum Workshop Subject Specific Pedagogy (SSP) Pendidikan Profesi Guru (PPG) Prodi Biologi

Kurikulum Workshop Subject Specific Pedagogy (SSP) Pendidikan Profesi Guru (PPG) Prodi Biologi

Kurikulum Workshop Subject Specific Pedagogy (SSP) Pendidikan Profesi Guru (PPG) Prodi Biologi

Artikel ini berisi tentang informasi pendidikan, yaitu Kurikulum Workshop SSP Pendidikan Profesi Guru (PPG) Program Studi Biologi, yang merujuk pada website resmi Fakultas MIPA Universitas Negeri Malang (UM).

Mungkin informasi ini tidak sepenuhnya sama persis dengan yang Anda cari, namun setidaknya dapat membantu dalam menjawab pertanyaan yang Anda cari untuk pencarian informasi terkait Pendidikan Profesi Guru (PPG) Prodi Biologi.

Sebagai bahan perbandingan, berikut Admin sajikan secara umum tentang visi, misi, dan kurikulum workshop SSP, serta pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Pendidikan Profesi Guru (PPG) Program Studi Biologi Fakultas MIPA UM Malang.



VISI  

Menjadi program profesi guru yang unggul dan menjadi rujukan dalam pengembangan guru profesional bidang pembelajaran biologi.


MISI  

Menyelenggarakan workshop PPG biologi yang berpusat pada peserta didik menggunakan pendekatan pembelajaran yang efektif dan mengoptimalkan pemanfaatan teknologi.
Menyelenggarakan penelitian dalam bidang pendidikan biologi yang temuannya bermanfaat bagi pengembangan ilmu pengetahuan dan kesejahteraan masyarakat.
Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat yang berorientasi pada pemberdayaan masyarakat melalui penerapan pendidikan biologi
Menyelenggarakan tata pamong program profesi guru biologi yang otonom, akuntabel, dan transparan yang menjamin peningkatan kualitas berkelanjutan.



Kurikulum Workshop Subject Specific Pedagogy (SSP)

Kurikulum PPG dirancang dalam 2 semester dengan sistem blok dan berasrama. Pada Semester I kegiatan dilaksanakan dalam bentuk Workshop Subject Specific Pedagogy (SSP).

Workshop SSP adalah suatu pembelajaran berbentuk lokakarya yang bertujuan untuk menyiapkan peserta Program PPG agar mampu :

(1) menguasai materi ajar atau substansi bidang studi biologi,
(2) merancang materi dan perangkat pembelajaran biologi,
(3) mengidentifikasi masalah-masalah pembelajaran biologi dan merancang alternatif perbaikannya, (4) melaksanakan pembelajaran biologi secara profesional, serta
(5) mengembangkan sikap positif dalam mengelola pembelajaran biologi.


Sedangkan kegiatan pada Semester II diselenggarakan dalam bentuk Program Pengalaman Lapangan (PPL) secara intensif. Workshop SSP PPG Pendidikan Biologi adalah sebagai berikut :

PBIO701.
Pengembangan dan Pemantapan Perangkat Pembelajaran Keanekaragaman Hayati (4 sks)

PBIO702.
Pengembangan dan Pemantapan Perangkat Pembelajaan Ekosistem dan lingkungan (2 sks)

PBO703.
Pengembangan dan Pemantapan Perangkat Pembelajaran Berbagai Sistem Dalam Kehidupan Manusia (4 sks)

PBO704.
Pengembangan dan Pemantapan Perangkat Pembelajaan Struktur dan Fungsi Sel/Jaringan (3 sks)

PBO705.
Pengembangan dan Pemantapan Perangkat  Pembelajaran Metabolisme (3 sks)

PBO706.
Pengembangan dan Pemantapan Perangkat  Pembelajaran Heriditas, Evolusi, dan Bioteknologi (4 sks)

PBO707.
Perancangan Penelitian Tindakan Kelas (2 sks)

Jumlah SKS = 22



Pelaksanaan Workshop SSP

Pelaksana kegiatan adalah Prodi Pendidikan Biologi FMIPA Universitas Negeri. Kegiatan dilakukan dalam sistem Blok. Pada Semester I, kegiatan dilaksanakan dalam bentuk Workshop Subject Specific Pedagogy (SSP) yang dilakukan di Prodi Pendidikan Biologi.

Kegiatan pada Semester II diselenggarakan dalam bentuk Program Pengalaman Lapangan (PPL) secara intensif, yang diselenggarakan oleh Prodi Pendidikan Biologi bermitra dengan sekolah mitra, baik tingkat SMP maupun SMA.

Pelaksanaan workshop secara umum dikelola secara siklis, dengan satu siklus selama 5 hari, dengan rincian sebagai berikut :

*) Hari pertama sampai hari ketiga dilakukan Pleno 2 dan Diskusi Kelompok. Setiap hari Pleno 2 dilakukan pada jam ke 1-5, sedangkan diskusi kelompok dilakukan pada jam ke 6-8.
*) Pada hari keempat dilakukan Kerja kelompok/mandiri dan Pleno 3.
*) Hari kelima dilakukan kegiatan Peer Teaching dan Persetujuan RPP.

Kurikulum Workshop Subject Specific Pedagogy (SSP) Pendidikan Profesi Guru (PPG) Prodi Biologi
Kurikulum Workshop Subject Specific Pedagogy (SSP) Pendidikan Profesi Guru (PPG) Prodi Biologi



Unduh informasi lengkap dalam format PDF melalui :


Praktik Pengalaman Lapangan (PPL)

Hakikat

PPL PPG merupakan matakuliah yang mengembangkan kompetensi mahasiswa dalam melaksanakan praktik pembelajaran agar siap menjadi tenaga kependidikan yang profesional.Praktik pembelajaran didasarkan pada hasil kinerja peserta selama Workshop SSP.


Tujuan

Tujuan diselenggarakannya PPL adalah agar peserta PPG menjadi pendidik profesional yang memiliki seperangkat pengetahuan, sikap, dan keterampilan yang dapat menunjang tercapainya penguasaan empat kompetensi pendidik (kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, dan kompetensi profesional) secara utuh melalui kegiatan praktik pembelajaran nyata di sekolah.


Selanjutnya, informasi terkait Sistem, Prosedur, dan Kegiatan PPL secara lengkap dapat Anda unduh melalui dalam format PDF melalui link Drive Google PPG BIOLOGI FMIPA UM tersebut di atas.
No Comment