Skip to main content

follow us

Informasi Pendidikan yang sedang hangat dibahas dalam lingkup Kemenag adalah tentang akan dilaksanakannya seleksi akademik PPG (Pendidikan Profesi Guru) oleh Direktorat GTK (Guru dan Tenaga Kependidikan) daljab (dalam jabatan) tahun 2019.

Menurut Bapak Musthofa Fahmi (Kepala Seksi Bina GTK MI/MTs), bahwa pada tahun ini peserta seleksi akademik PPG Daljab yang proses pelaksanaannya pada tanggal 20 sampai 25 Mei mencapai 138.234 Guru.

Hasil koordinasi di Bogor pada tanggal 15 Mei 2019 tentang Teknis Seleksi Akademik PPG Daljab Tahun 2019, untuk PPG Dalam Jabatan Kemenag menetapkan:


"Kuota yang tersedia adalah 6800, dengan pembagian 6000 Guru Mata Pelajaran Agama dan 800 Guru Mata Pelajaran Umum"


Sedangkan untuk gambaran tes akademiknya menerapkan metode CBT (Computerized Based Test/ Ujian Berbasis Komputer) seperti pada pelaksanaan UNBK.

Dalam proses pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Profesi Guru nanti, Sekretaris Jenderal Kemenag (Bapak M. Nur Kholis Setiawan) berpesan bahwa Lembaga Pendidikan Tenaga Keguruan (LPTK) sebagai penyedia modul pembelajaran diharapkan untuk memasukkan unsur moderasi beragama ke dalam materi pembelajaran bagi peserta PPG.


Gambaran Seleksi Akademik CBT online PPG 2019

Gambaran pelaksaan ujian seleksi PPG online sistem CBT di hari pertama pada hari Senin, 20 Mei 2019 sebanyak 6000 Guru Mapel Agama yang terdiri atas Guru Mapel Quran Hadits, SKI, Bahasa Arab, Fiqih, Aqidah Akhlaq, Guru Kelas RA, dan Guru Kelas MI melaksanakan ujian terlebih dahulu.

Sedangkan untuk Guru Mapel Umum akan melaksanakan ujian CBT setelah proses seleksi akademik Mapel Agama.

Setelah pelaksanaan tahapan seleksi akademik online, peserta yang lulus nanti akan mengikuti proses Daring (Dalam Jaringan) untuk mengerjakan tugas mandiri yang diberikan Dosen instruktur secara online sebelum memasuki tahapan lokakarya atau pembelajaran di Pergurun Tinggi (Universitas).

Hal tersebut sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan oleh Kementrian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti).

Sebuah poin yang menjadi pembeda teknis pelaksanaan seleksi akademik PPG 2019 dengan tahun 2018 adalah seluruh peserta melaksanakan ujian di Madrasah yang telah ditetapkan menjadi lokasi TUK (Tempat Ujian Kompetensi) serentak di 34 Provinsi.

Para calon peserta diharuskan untuk mendownload kartu peserta ujian secara online di SIMPATIKA, yang memuat informasi detail tentang user - password, waktu, dan lokasi untuk mengakses soal di Tempat Ujian Kompetensi (TUK) masing - masing.

Sedangkan sistem dan aplikasi yang digunakan merupakan hasil sinkronisasi Tim Penyusun kisi - kisi; Modul dan Soal dari Dosen Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN); Direktorat Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan (KSSK)  Madrasah; Tim IT Direktorat GTK; Kasi PTK Kanwil Kemenag Provinsi; Kasi Penma Kankemenag Kab./ Kota dan KaMad; serta para Admin SIMPATIKA mulai level Madrasah sampai Pusat.
Sumber: Kemenag.go.id

Info Terbaru Seleksi Akademik PPG 2019 Sistem CBT Online
Nah, apakah Bapak - Ibu  juga sebagai pemohon calon peserta seleksi akademik PPG 2019? Ikuti perkembangan informasinya di akun PTK-SIMPATIKA masing - masing.

Ingin Login Akun PTK sekarang? Silakan menuju alamat website berikut:

padamu.siap.web.id/login

*Pada kolom Email:
Gunakan Email atau PegID atau NUPTK Anda
*Pada kolom Kata Sandi:
Gunakan kata sandi untuk login PTK-SIMPATIKA, dan tekan Login Masuk.
*Selajutnya cek informasi pada menu sebelah samping kiri bagian PPG Dalam Jabatan.


Sekian informasi dari kami, semoga bermanfaat.

Comment Policy: Silakan berkomentar sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar

This website uses cookies to ensure you get the best experience on our website. More Info