Cara Menentukan Kedalaman Laut dan Pemanfaatan Gelombang Bunyi dalam Kehidupan Sehari - hari

Cara Menentukan Kedalaman Laut dan Pemanfaatan Gelombang Bunyi dalam Kehidupan Sehari - hari

Cara Menentukan Kedalaman Laut dan Pemanfaatan Gelombang Bunyi dalam Kehidupan Sehari - hari

Gelombang bunyi sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia sehari - hari. Apa sajakah manfaatnya?

Nah, untuk lebih jelasnya mari kita pelajari bersama ulasan materi berikut ini.



Pemanfaatan Bunyi dalam Kehidupan Sehari - hari


1. Aplikasi Gelombang Ultrasonik

Gelombang ultrasonik dimanfaatkan untuk beberapa keperluan manusia, seperti :

1). Kacamata Tunanetra, dilengkapi dengan alat pengirim dan penerima ultrasonik.
2). Alat Kedokteran, seperti pada pemeriksaan bagian dalam tubuh menggunakan Ultrasonografi (USG). Pemanfaatan USG biasanya dilakukan pada pemeriksaan Ibu hamil dengan hasil sebuah gambar janin berbentuk 2, 3, atau 4 dimensi pada monitor.

Pengujian menggunakan USG ramah lingkungan dan diklaim aman bagi Ibu hamil karena gelombangnya tidak merusak struktur sel dan jaringan tubuh. Sehingga, USG disebut sebagai pengunjian tidak merusak (Non Destructive Testing - NDT).


2. Aplikasi Cepat Rambat Bunyi

Dalam kehidupan kita sehari - hari, cepat rambat gelombang bunyi seringkali dimanfaatkan para nelayan untuk membedakan siang dan malam.

Cepat rambat bunyi akan terjadi lebih cepat dan kuat pada malam hari karena pada malam hari susunan partikel udara lebih rapat dan tingkat kebisingan pada malam hari lebih rendah. Sehingga suara pada malam hari di lautan terdengar lebih keras dan kuat.


3. Aplikasi Resonansi Bunyi

Resonansi dihasilkan dari getaran benda - benda di sekitar suatu benda yang menghasilkan bunyi. Misalnya pada peralatan drumband, senar drum lain akan ikut bergetar dan menghasilkan bunyi rendah ketika ada salah satu senar drumb yang dipukul.

Bisa juga peralatan musik lain yang serupa. Sehingga akan menghasilkan aransemen bunyi yang bernilai seni.


4. Aplikasi Pemantulan Bunyi

Pemantulan bunyi dapat dimanfaatkan manusia dalam kehidupan sehari - hari, antara lain :

1). Menentukan Kedalam Laut
Kedalaman laut biasanya diukur menggunakan sebuah alat elektronik yang memancarkan gelombang bunyi beserta sensor penerima getarannya. Osilator yang merupakan sumber getaran akan dipasang pada permukaan dinding kapal, dan Hidrofon sebagai sensor penerima getaran dipasang di dekat Osilator.

Cara Menentukan Kedalaman Laut dan Pemanfaatan Gelombang Bunyi dalam Kehidupan Sehari - hari
Cara Menentukan Kedalaman Laut dan Pemanfaatan Gelombang Bunyi dalam Kehidupan Sehari - hari

Prinsipnya kerjanya adalah ketika Osilator mengeluarkan getaran ke dasar laut, maka setelah sampai dasar laut akan dipantulkan kembali menuju ke permukaan yang akan diterima oleh Hidrofon. Data yang diterima akan menunjukkan nilai dari kedalam laut tersebut.
Rumus untuk menentukan kedalaman laut adalah :

L = (v x t) / 2

Keterangan :
L = Kedalaman laut (meter)
v = Cepat rambat bunyi (m/s)
t = Waktu tempuh getaran mulai dipantulkan sampai diterima kembali (sekon)


2). Pengukuran Ketebalan Pelat Logam
Pemantulan ultrasonik digunakan juga untuk mengukur suatu ketebalan pelat logam, suatu pipa logam, dan pembungkus logam yang mudah korosif (berkarat).


3). Survey Geofisika
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menggunakan aplikasi pemantulan gelombang bunyi untuk mendeteksi, menemukan lokasi dan memantau gangguan yang ada di bumi atau memberikan informasi tentang struktur bumi.

Para ahli Geofisika juga menggunakan penerapannya dalam mendeteksi lapisan batuan yang mengandung endapan minyak.


4). Mendeteksi Keretakan Pada Struktur Logam
Scanning ultrasonic merupakan sebuah alat yang menerapkan prinsip pemantulan bunyi. Alat ini biasa digunakan untuk mendeteksi keretakan struktur suatu logam atau beton. Penerapannya dalam kehidupan sehari - hari adalah pada pendeteksian retak tersembunyi bagian - bagian pesawat terbang.

Dengan bantuan alat ini, maka keamanan pesawat terbang saat dikemudikan tetap terjaga demi keselamatan seluruh penumpang.


Apakah Adik - adik berminat untuk coba mengukur pemahaman tentang materi ini? Yuk mengerjakan Latihan Soal Getaran, Gelombang, dan Bunyi.
No Comment