Kisi - kisi UN dan USBN 2019 Tingkat SMP-SMA
Suara Aneh Tadi Malam di Langit dan Berbagai Kemungkinan Penjelasan Ilmiah

Suara Aneh Tadi Malam di Langit dan Berbagai Kemungkinan Penjelasan Ilmiah

Suara Aneh Tadi Malam di Langit dan Berbagai Kemungkinan Penjelasan Ilmiah

Penjelasan Ilmiah Suara Aneh Tadi Malam (14 Desember 2018)
Penjelasan Ilmiah Suara Aneh Tadi Malam (14 Desember 2018)

Suara aneh tadi malam, tepatnya hari Jum'at 14 Desember 2018 masyarakat Indonesia khususnya di bagian sepanjang jalur udara Pulau Jawa (terutama Jawa Timur - Jawa Tengah) menjadi sangat penasaran dan ingin segera mengetahui jawaban atas kejadian tersebut.

Berbagai media elektronik dan media sosial menjadikan suara aneh tadi malam ini sebagai topik yang viral.

Banyak spekulasi bermunculan atas kejadian ini, mulai dari masyarakat awam yang mengira suara tersebut adalah suara pesawat biasa, sampai pada sebuah dugaan sementara dari ahli astronomi suara tersebut merupakan suara sebuah asteroid yang bergerak di dekat Bumi.

Nah, apakah Anda masih merasakan penasaran tentang suara gemuruh dan dengung mirip terompet ini? Mari kita baca dan pelajari berbagai spekulasi yang mungkin dapat menjelaskan kejadian tersebut dalam ranah Sains dan Teknologi.



Berbagai Kemungkinan Penjelasan Ilmiah Tentang Suara Aneh Tadi Malam di Beberapa Daerah Indonesia


1. Pesawat Berukuran Besar Melintas

Dugaan ini sebagai hasil diskusi tim dan dinyatakan oleh Bapak Tuban Wiyoso, Kepala Stasiun Klimatologi Kelas I Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Semarang.

Beliau mengungkapkan bahwa suara tersebut berasal dari dengungan pesawat.

Melalui aplikasi radar penerbangan, tercatat bahwa pada hari Jum'at 14/12/2018 pukul 01.00 dini hari ada pesawat yang melintas dengan Jenis Boeing 737-8U3 melintas di atas kota Pekalongan.

Pesawat tersebut menempuh rute Jakarta - Sorong dengan ketinggian 35 ribu kaki dengan kecepatannya mencapai 467 knot.

Pesawat jenis ini dilengkapi dengan mesin ganda, yang kemungkinan akan menggerakkan baling - baling dengan kuat dan menghasilkan suara dengungan yang keras ketika melintas.

Dari Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) Banjarnegara pun juga memastikan bahwa suara yang mirip dengan dengungan terompet tersebut adalah bukan dipicu oleh fenomena alam.



2.  Suara Asteroid Melintas

Kemungkinan suara aneh yang terdengar sepert gemuruh dengungan ini dinyatakan oleh Kepala Pusat LAPAN, Bapak Thomas Djamaluddin.

Beliau mengungkapkan bahwa suara tersebut bukan dari pesawat, melainkan Asteroid yang melintas pada jarak dekat dengan bumi.

Dugaan ini dikuatkan dengan kesaksian dari berbagai daerah yang terjadi dalam waktu bersamaan (tanpa jeda waktu untuk beberapa wilayah Indonesia lainnya) dan disertai gelombang kejut (tiba - tiba suara menghilang).



3. Suara Antena Transmitter High Frequency Active Auroral Research Program (HAARP) atau Ionospheric Research Instrument (IRI)

High Frequency Active Auroral Research Program (HAARP), merupakan suatu program penelitian gabungan yang dilakukan dan dibiayai oleh Angkatan Udara dan Angkatan Laut Amerika Serikat, Universitas Alaska serta Defense Advanced Research Projects Agency (DARPA).

Alat ini merupakan hasil riset teknologi paling mutakhir pada abad ini, dengan kemampuan dapat merubah keadaan cuaca dan iklim secara global.

Ketika mesin ini bekerja, maka setiap antena trasmitter akan menghasilkan daya listrik minimal 10.000 watt (terdapat 360 antena) dan dapat mengubah keadaan cuaca belahan dunia dalam waktu singkat.

Jika Anda masih ingin melanjutkan rasa penasaran Anda tentang suara yang ke-3 ini, silakan melakukan pencarian dengan kata kunci HAARP ini.



Sampai saat ini, publik yang masih memiliki rasa penasaran yang kuat terus mencari informasi terkait di sisi lain menunggu informasi resmi dari Pemerintah, meskipun di media televisi telah mengungkapkan bahwa suara tersebut merupakan suara pesawat.

Apakah Anda sudah puas dengan jawaban dari media tersebut? Lakukan pencarian sekarang tentang HAARP jika belum menemukan jawaban atas rasa penasaran Anda.

Salam #GenerasiCerdasESQ
No Comment