Makanan Jenis Karbohidrat dan Lemak Sebagai Sumber Energi

Makanan Jenis Karbohidrat dan Lemak Sebagai Sumber Energi

Makanan Jenis Karbohidrat dan Lemak Sebagai Sumber Energi

Makanan apa yang berfungsi sebagai sumber energi? Apa saja komposisi utama  makanan untuk sumber energi tubuh?

Berikut akan kita temukan jawaban dari kedua pertanyaan di atas. Siapkan pikiran fresh dan suasana belajar agar lebih menyenangkan.

Makanan Jenis Karbohidrat dan Lemak Sebagai Sumber Energi
Daftar menu makanan menyehatkan dan sebagai sumber energi


Sebenarnya, makanan yang dapat dikatakan sebagai sumber energi adalah jika makanan tersebut mengandung zat - zat sumber energi, yaitu Karbohidrat dan Lemak.

Mungkin Anda akan bertanya apakah Protein tidak termasuk sebagai sumber energi? Iya termasuk, namun Protein lebih berperan sebagai zat pembangun.



A. Karbohidrat

Karbohidrat adalah zat makanan yang molekul penyusunnya dari unsur Karbon (C), Hidrogen (H), dan Oksigen (O).

Misalnya dapat kita temukan makanan yang berasal dari tumbuhan seperti umbi, padi, singkong, dan jagung.

Karbohidrat memiliki fungsi utama dan spesifik yang tidak dapat digantikan oleh zat makanan lainnya, yaitu sebagai penyedia sumber energi dalam bentuk Glukosa bagi sel - sel otak, lensa mata dan jaringan saraf.


Menurut molekul penyusunnya, karbohidrat digolongkan menjadi 3 yaitu Monosakarida, Disakarida, dan Polisakarida.


1). Monosakarida
Monosakarida merupakan karbohidrat yang terdiri atas satu gugusan gula. Misalnya molekul dari monosakarida yaitu Glukosa, Fruktosa, Galaktosa, dan Ribosa.


2). Disakarida
Disakarida merupakan karbohidrat yang terdiri atas 2 gugusan gula. Misalnya molekul dari disakarida adalah Sukrosa, Laktosa, dan Maltosa.


3). Polisakarida
Polisakarida merupakan karbohidrat yang terdiri atas lebih dari 2 gugusan gula. Misalnya molekul dari polisakarida adalah amilum, selulosa, glikogen, glukagon, karbohidrat, dan lain sebagainya.



B. Lemak

Lemak atau disebut juga Lipid adalah zat makanan yang molekul penyusunnya unsur Karbon (C), Hidrogen (H) , Oksigen (O), beberapa diantaranya mengandung unsur Fosfor (P) dan Nitrogen (N).

Lemak termasuk senyawa organik yang tidak larut dalam air (bersifat Hidrofobik), namun larut dalam pelarut organik seperti minyak tanah, eter, dan kloroform.


Di dalam tubuh kita, lemak memiliki 4 fungsi sebagai berikut :

1). Sebagai sumber energi tetap, yang menyediakan sekitar 9,3 kilokalori per-gramnya.

2). Sebagai pelindung alat - alat tubuh dan melindungi tubuh dari kedinginan dan luka.

3). Sebagai pembawa zat - zat makanan yang essensial termasuk lemak dan asam - asam lemak. Lemak juga dapat membantu melarutkan vitamin A, D, E dan K.

4). Sebagai penahan rasa lapar pada pencernaan kita. Jika tidak ada lemak, maka pencernaan berlangsung cepat dan segera menimbulkan rasa lapar.


Sumber lemak dapat berasal dari tumbuhan (nabati) dan hewan (hewani).

Contoh dari lemak nabati yaitu kedelai, kacang tanah, mentega, kelapa (santan), minyak kelapa, minyak sawit, dan sebagainya. Contoh dari lemak hewani yaitu lemak daging, ikan, susu, telor, dan sebagainya.
No Comment