Skip to main content

follow us

Materi IPA Kelas 8 Semester Ganjil - Berikut ini kumpulan 7 bab mata pelajaran IPA kelas 7 SMP - MTs semester 1 beserta tujuan pembelajarannya.

Kumpulan materi IPA kelas 8 semester 1 berikut ini sesuai dengan kurikulum 2013 yang masih berlaku sampai saat ini.



1. Gerak Lurus

Pada bab Gerak Lurus, beberapa materi yang akan dipelajari adalah: Pengertian gerak dan Perpindahan, Kecepatan dan Kelajuan, Gerak lurus beraturan (GLB) dan Gerak lurus berubah beraturan (GLBB).

Adapun tujuan dari materi Gerak Lurus ini adalah: Memahami tentang gerak lurus, Pengaruh gaya terhadap gerak berdasarlan Hukum Newton dan penerapannya pada gerak makhluk hidup, serta Memahami gerak benda dalam kehidupan sehari - hari. Melakukan penyelidikan tentang gerak, Gerak pada makhluk hidup, dan Percobaan tentang pengaruh gaya terhadap gerak.



2. Struktur Tumbuhan dan Pemanfaatannya dalam Teknologi

Beberapa sub pokok bahasan yang dipelajari dalam bab ini yaitu: Struktur dan fungsi jaringan tumbuhan yang meliputi akar, batang, daun, dan bunga.

Tujuan dari pembahasan materi ini diharapkan mampu: Menjelaskan keterkaitan struktur jaringan tumbuhan beserta fungsinya dan berbagai pemanfaatannya dalam teknologi yang terilhami oleh struktur tersebut. Melakukan pengamatan terhadap struktur jaringan tumbuhan dan menghasilkan ide teknologi sederhana yang terilhami oleh struktur tersebut (misalnya pada desain bangunan).



3. Sifat Bahan dan Kesehatan

Sub pokok bahasan yang dipelajari dalam bab ini meliputi: Pembagian bahan berdasarkan jenisnya (seperti logam, plastik, kaca, kayu, karet, benang, kertas, asbes, semen, dan cat) serta dampaknya bagi kesehatan manusia. Mampu melakukan penyelidikan tentang sifat - sifat bahan dan mengusulkan ide - ide pemanfaatan bahan berdasarkan sifatnya dalam kehidupan sehari - hari.

Belajar Materi IPA Kelas 8 Semester 1 (Sesuai Kurikulum 2013)



4. Sistem Gerak Pada Manusia

Materi pembelajaran pada bab ini mencakup: Pengertian gerak dan rangka, Pengelompokan rangka, persendian, dan otot. Mempelajari tentang gangguan pada sistem gerak.

Setelah mempelajari pokok bahasan materi tersebut, diharapkan: Mampu mendeskripsikan struktur rangka dan otot manusia beserta fungsinya dalam berbagai kondisi. Mampu menyajikan tulisan tentang upaya menjaga kesehatan rangka manusia dikaitkan dengan zat gizi makanan dan perilaku sehari - hari.



5. Pesawat Sederhana

Pada bab Pesawat Sederhana, sub pokok bahasan yang dipelajari yaitu: Tuas, Bidang miring, Katrol dan Roda bergerigi.

Tujuan dari mempelajari materi ini adalah: Mampu mendeskripsikan kegunaan pesawat sederhana dalam kehidupan sehari - hari dan hubungannya dengan dengan kerja otot pada struktur rangka manusia, serta Melakukan penyelidikan tentang keuntungan mekanik pada pesawat sederhana.



6. Sistem Pencernaan Makanan

Pada materi sistem pencernaan makanan ini, bebeapa sub poko bahasan yang dipelajari adalah: Makanan dan komposisi kimianya (karbohidrat, lemak, vitamin, dan garam - garam mineral), Struktur dan fungsi organ sistem pecernaan manusia, dan Gangguan pada sistem pencernaan.

Tujuan pembelajaran materi ini yaitu: Mampu mendeskripsikan sistem penceraan berserta keterkaitannya dengan sistem pernapasan, sistem peredaran darah, dan penggunaan energi makanan. Mampu melakukan penyelidikan tentang pencernaan secara mekanis dan enzimatis pada makanan.



7. Bahan Kimia dalam Kehidupan

Bab 7 tentang bahan kimia dalam kehidupan ini merupakan bab terakhir yang biasanya dipelajari pada materi ipa kelas 8 semester 1. Adapun sub pokok bahasan yang dipelajari antara lain: Bahan kimia rumah tangga (pembersih, pemutih, pembasmi hama, zat aditif alami, dan zat aditif sintetis), Dampak penggunaan zat aditif pada makanan,Jenis - jenis zat aditif (pewarna, penyedap, pengawet, pemanis, dan antioksidan), dan Upaya mengurangi dampak negatif penggunaan zat aditif.

Tujuan dari materi pembelajaran ini adalah: Mampu mendeskripsikan zat aditif (alami dan buatan) dalam makanan dan minuman (segar maupun dalam kemasan), zat aditif -paikotropika serta pengaruhnya terhadap kesehatan. Mampu menyajika data, informasi, dan mengusulkan ide pemecahan masalah untuk menghindari terjadinya penyelahgunaan zat aditif dalam makanan dan minuman serta zat aditif - psikotropika.

Terakhir diperbarui: 10-12-2018

Comment Policy: Silakan berkomentar sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar

This website uses cookies to ensure you get the best experience on our website. More Info