Skip to main content

follow us

Materi IPA Kelas 7 Semester 1 - Berikut adalah kumpulan materi IPA dan tujuan pembelajaran untuk kelas 7 SMP - MTs semester ganjil.

Kumpulan materi IPA kelas 7 semester 1 berikut ini sesuai dengan kurikulum 2013 yang masih berlaku sampai saat ini.

Daftar Materi IPA Kelas 7 Semester Ganjil Kurikulum 2013




1. Objek IPA dan Pengamatannya

Pengenalan materi IPA pada awal semester ganjil ini secara berurutan: Penyelidikan IPA, Pengukuran Sebagai Bagian dari Pengamatan, Alat Ukur Besaran Massa, Waktu, dan Suhu. Mengonversi Satuan Panjang, Massa, Waktu, dan Suhu, serta Satuan Baku dan Satuan Tak Baku.

Tujuan dari materi ini diharapkan mampu: Menyajikan hasil pengamatan, inferensi, dan mengomunikasikan hasil. Menjelaskan 3 komponen keterampilan proses, Menyebutkan objek yang dipelajari dalam IPA. Menjelaskan pentingnya pengukuran dan satuan baku, Menyebutkan 3 macam besaran pokok beserta satuannya, Menyebutkan 3 besaran turunan beserta satuannya, dan Mampu menerapkan pengamatan (termasuk pengukuran) untuk memecahkan masalah yang relevan dengan metode ilmiah.



2. Klasifikasi Benda

Pada bab ini, materi yang dibahas meliputi Ciri - ciri makhluk hidup, Klasifikasi materi, dan Pembahasan unsur, senyawa, dan campuran.

Tujuan dari pembelajaran pada bab ini adalah: Mampu menjelaskan ciri - ciri makhluk hidup, Menjelaskan perbedaan makhluk hidup dengan benda mati, Menjelaskan ciri - ciri zat (padat, cair, dan gas), Menjelaskan pengertian asam, basa, dan garam serta menyebutkan beberapa contohnya dalam kehidupan sehari - hari, serta Menjelaskan beberapa contoh indikator asam - basa alami dan buatan.



3. Klasifikasi Makhluk Hidup

Bab ke-3 ini membahas tentang klasifikasi makhluk hidup, sub bahasannya antara lain: Pengertian klasifikasi makhluk hidup, Klasifikasi dikotom dan kunci determinasi, Klasifikasi menurut Robert H. Whittaker, serta Kelompok hewan dan tumbuhan.

Sedangkan tujuan membahas materi ini diharapkan mampu: Mengidentifikasi ciri - ciri khusus tiap kingdom dam sistem lima kingdom, Menyebutkan perbedaan antara makhluk hidup yang satu dengan lainnya, Menjelaskan pentingnya dilakukan klasifikasi makhluk hidup, Menyusun dan menggunakan kunci determinasi sederhana, serta Memberi nama suatu hewan berdasarkan kelompoknya dalam kunci determinasi.



4. Sistem Organisasi Kehidupan

Pada bab ini, ada 4 sub pokok bahasan yang dipelajari, yaitu: Sel sebagai unit struktural dan fungsional kehidupan, Jaringan, Organ, serta Sistem organ dan Organisme.

Sedangkan tujuan dari pokok bahasan tersebut di atas adalah: Mampu menyebutkan tingkatan hierarki kehidupan, Menjelaskan tentang sistem, Konsep Sel, Jaringan, Organ  dan Sistem organ, Membandingkan sel hewan dengan sel tumbuhan menggunakan mikroskop, serta Membedakan organ, sistem organ dan organisme.



5. Perubahan Benda - benda Sekitar Kita

Terdapat 2 sub pokok bahasan dalam materi ini, yaitu: Prorses suatu benda mengalami perubahan dan Pemisahan campuran.

Tujuan dari pembahasan tersebut adalah: Mampu menjelaskan pengertian perubahan fisika dan kimia serta menyebutkan beberapa contohnya dalam kehidupan sehari - hari. Mampu melakukan pemisahan campuran dengan berbagai cara berdasarkan sifat fisika dan kimia.

Terakhir diperbarui : 30 Oktober 2018

Comment Policy: Silakan berkomentar sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar

This website uses cookies to ensure you get the best experience on our website. More Info