Kisi - kisi UN dan USBN 2019 Tingkat SMP-SMA
Pembahasan Simbiosis, Antibiosis, Predasi dan Kompetisi Beserta Contohnya

Pembahasan Simbiosis, Antibiosis, Predasi dan Kompetisi Beserta Contohnya

Pembahasan Simbiosis, Antibiosis, Predasi dan Kompetisi Beserta Contohnya

Saya yakin tentunya kalian masih ingat pembahasan materi tentang Komponen Ekosistem dan Interaksi Makhluk Hidup dengan Lingkungannya, yang Admin tulis pada kesempatan sebelumnya.

Nah, untuk kesempatan kali ini kita akan melanjutkan pembahasan tentang Simbiosis, Antibiosis, Predasi dan Antibiosis.

Untuk lebih jelasnya, mari kita pahami satu persatu pada pembahasan berikut ini.



A#. Pengertian dan Macam - Macam Simbiosis

Ketergantungan dalam suatu ekosistem membentuk pola interaksi antar komponennya. Ada yang saling menguntungkan dan ada juga yang merugikan.

Simbiosis adalah ketergantungan suatu organisme dengan organisme lain yang dapat saling mempengaruhi. Simbiosis dibagi menjadi 3, yaitu Simbiosis Mutualisme, Simbiosis Komensalisme, dan Simbiosis Parasitisme.


#1#. Simbiosis Mutualisme

Simbiosis mutualisme merupakan cara hidup bersama antara dua makhluk hidup atau organisme yang keduanya saling menguntungkan.

Berikut adalah beberapa contoh simbiosis mutualisme yang sering kita jumpai dalam kehidupan sehari - hari:

1). Lebah dengan bunga
Lebah mendapatkan madu, sedqngkan bunga akan terbantu penyerbukannya.

2). Jamur dengan ganggang
Ganggang menghasilkan nutrisi yang diperlukan jamur, sedangkan jamur membantu ganggang dalam berfotosintesis.

3). Kerbau dengan burung jalak
Burung jalak mendapatkan makanan dari kulut kerbau berupa kutu, sedangkan kerbau mendapatkan keuntungan terbebas dari kutu.

4). Kacang tanah dengan bakteri Rhizobium
Kacang tanah mendapatkan kebutuhan nitrogen dari bakteri Rhizobium, sedangkan bakteri Rhizobium mendapatkan air dan nutrisi dari bintil - bintil akar kacang tanah.


#2#. Simbiosis Komensalisme

Simbiosis komensalisme merupakan cara hidup bersama antara dua makhluk hidup yang berbeda jenis, satu makhluk hidup diuntungkan dan makhluk hidup yang lainnya tidak dirugikan.

Contohnya adalah simbiosis antara tumbuhan paku dengan inangnya, ikan hih dengan remora, anggrek dengan pohon yang ditumpanginya (inang), dan lain sebagainya.


Anggrek dan Inangnya dalam Pembahasan Simbiosis, Antibiosis, Predasi dan Kompetisi Beserta Contohnya
Anggrek dan Inangnya dalam Pembahasan Simbiosis, Antibiosis, Predasi dan Kompetisi Beserta Contohnya
(sumber: images google)



#3#. Simbiosis Parasitisme

Simbiosis parasitisme adalah cara hidup bersama antara dua makhluk hidup yang berbeda jenis, satu makhluk hidup diuntungkan dan makhluk hidup lainnya dirugikan.

Contohnya adalah simbiosis antara cacing pita dengan tubuh manusia, jamur dengan kulit manusia, benalu dengan inangnya, tali putri dengan beluntas atau tanaman yang dililitinya, dan lain sebagainya.



B#. Pengertian Antibiosis, Predasi, dan Kompetisi


#1#. Antibiosis

Antibiosis merupakan interaksi dua makhluk hidup atau organisme yang berbeda jenis, salah satu makhluk hidup menghambat pertumbuhan makhluk hidup yang lainnya.

Contohnya adalah jamur Penicillium notatum (jamur sebagai antibiotik), karena kelebihan dari jamur tersebut dapat menghasilkan senyawa antibiotik, yang mampu menghambat pertumbuhan mikroorganisme lainnya.

Sehingga jamur ini banyak dimanfaatkan dalam bidang kesehatan sebagai senyawa antibiotik.


#2#. Predasi

Predasi merupakan hubungan antara makhluk hidup pemangsa dengan makhluk hidup yang dimangsa. Makhluk hidup pemangsa dalam hal ini disebut juga Predator. 

Contohnya adalah kucing memangsa tikus, elang dengan ular, harimau dengan rusa, dan lain sebagainya.


#3#. Kompetisi

Kompetisi merupakan hubungan antar makhluk hidup dalam satu ekosistem. Makhluk hidup satu dengan gang lainnya saling bersaing untuk mendapatkan makanan. Kompetisi terjadi karena adanya persamaan kebutuhan.

Contohnya adalah kuda dengan sapi dan domba dalam satu ekosistem rumput akan saling bersaing untuk mendapatkan rumput sebagai makanannya.


Nah, sampai di sini tentunya kalian sudah mendapatkan pemahaman tentang istilah simbiosis, antibiosis, predasi, dan kompetisi beserta contoh masing - masing.

Sekian yang dapat Admin sampaikan pada kesempatan ini, berharap ulasan singkat materi ini dapat membantu tujuan belajar yang ingin kalian capai dan semoga bermanfaat.

Selamat Belajar dan Berkarya, Semoga Sukses!

Terakhir diperbarui: 29-03-2018
No Comment