Kisi - kisi UN dan USBN 2019 Tingkat SMP-SMA
Materi IPA Kelas 8 Semester 2 Beserta Tujuan Pembelajarannya

Materi IPA Kelas 8 Semester 2 Beserta Tujuan Pembelajarannya

Materi IPA Kelas 8 Semester 2 Beserta Tujuan Pembelajarannya

Materi IPA kelas 8 - Berikut ini daftar bab yang akan dipelajari untuk mapel IPA SMP - MTs kelas 8 semester 2 lengkap dengan tujuan pembelajarannya.

Perlu diketahui, bahwa pada materi IPA kelas 8 semester genap ini lebih banyak hitungannya. Jadi, siapkan buku coretan khusus untuk mengerjakan latihan soalnya.



1. Gaya dan Hukum Newton

Materinya meliputi Pengertian gaya, Jenis - jenis gaya, Resultan gaya, Hukum Newton, serta Analisis gaya gesekan dan gaya berat berdasarkan Hukum Newton.

Tujuan dari mempelajari meteri tersebut yaitu: Memahami pengertian gaya dengan benar, Memahami jenis - jenis gaya yang bekerja pada suatu benda dengan benar, dan Memahami penerapan Hukum Newton dalam kehidupan sehari - hari dengan tepat.



2. Energi dan Usaha

Pada bab ini, kita akan membahas tentang Pengertian energi dan usaha, Hubungan antara energi dan usaha, serta Pesawat sederhana dan aplikasinya dalam kehidupan sehari - hari.

Setelah mempelajari bab ini, diharapkan mampu: Memahami perubahan bentuk energi, hukum kekekalan energi, dan konsep usaha dengan benar. Menyebutkan jenis - jenis pesawat sederhana dengan benar, serta Menjelaskan manfaat pesawat sederhana dalam kehidupan sehari - hari dengan benar.




Materi IPA kelas 8 semester 2 beserta tujuan pembelajarannya
Materi IPA kelas 8 semester 2 beserta tujuan pembelajarannya


3. Tekanan

Sub bab dari materi ini meliputi Tekanan pada zat padat, Tekanan pada zat cair, dan Tekanan pada zat padat. Selain itu, di dalamnya membahas tentang beberapa prinsip hukum seperti hukum Hidrostatik, Archimedes, Pascal dan Bejana berhubungan.

Dengan mempelajari materi tekanan ini, maka diharapkan mampu: Memahami konsep tekanan pada benda padat dan contoh penerapannya dalam kehidupan sehari - hari dengan benar. Memahami hukum - hukum yang menjelaskan tekanan pada zat cair dan penerapannya dengan benar. Memahami pengaruh massa jenis terhadap gaya apung suatu benda dengan benar. Memahami tekanan gas atau udara pada ruang terbuka serta penerapannya dalam kehidupan sehari - hari dengan benar.



4. Getaran dan Gelombang

Materi yang dipelajari pada bab ini meliputi: Pengertian getaran, Pengertian gelombang, dan Pengertian gelombang bunyi.

Setelah mempelajari tentang materi ini, diharapkan mampu: Memahami konsep getaran dengan menghubungkan peristiwa alam dengan benar. Menjelaskan konsep dan prinsip getaran untuk menghitung frekuensi atau periode dengan benar. Menjelaskan konsep gelombang dengan dengan peristiwa sehari - hari dengan jelas. Menjelaskan konsep bunyi dalam kehidupan sehari - hari dengan jelas, serta Memahami perambatan gelombang bunyi dengan benar.



5. Cahaya dan Alat Optik

Pada bab ini, sub bab materinya paling sedikit, namun berisi rumus dan hitungan paling banyak, antara lain membahas: Pengertian cahaya dan Pengenalan alat - alat optik.

Tujuan dari mempelajari materi ini adalah: Memahami konsep perambatan cahaya. Memahami proses pembentukan dan sifat - sifat bayangan pada cermin datar, cermin cekung, dan cermin cembung degan jelas. Megetahui macam - macam alat optik dan kegunaannya dengan benar.



Itulah beberapa bab materi IPA kelas 8 yang dipelajari pada semester 2 (genap). Untuk rangkuman materi, contoh soal berserta pembahasannya, silakan mengunjungi halaman Peta  Situs (daftar isi).

Terakhir diperbarui: 29-03-2018
No Comment