Kisi - kisi UN dan USBN 2019 Tingkat SMP-SMA
3 Usaha Efektif Untuk Menanggulangi Pemanasan Global (Global Warming)

3 Usaha Efektif Untuk Menanggulangi Pemanasan Global (Global Warming)

3 Usaha Efektif Untuk Menanggulangi Pemanasan Global (Global Warming)

3 cara ampuh menanggulangi global warming - Pemanasan global yang terus - menerus dibiarkan akan menyebabkan suhu di Kutub meningkat dan akibatnya kawasan yang dipenuhi dengan es tersebut akan mencair.

Apabila es di kawasan Kutub tersebut mencair, maka akan menyebabkan air laut naik dan jika terjadi secara terus - menerus beberapa pulau akan tenggelam. Oleh karena itu, diperlukan adanya suatu usaha konkrit untuk menanggulangi pemanasan global.

Berikut ini adalah beberapa usaha yang dapat dilakukan untuk menanggulagi dampak utama pemanasan global.


1#. Membatasi Emisi Gas Karbon dioksida (CO2)

Ada beberapa cara yang dapat kita lakukan untuk mengurangi emisi gas CO2. Misalnya, kita menghemat dan mengurangi penggunaan bahan bakar fosil yang selama menjadi bahan bakar kendaraan atau mobil pribadi kita.

Kita juga dapat menggunakan energi alternatif untuk mengganti penggunaan bahan bakar fosil yang sering mencemari lingkungan.


2#. Menanam Lebih banyak Pohon


Tanam pohon sebagai usaha efektif penanggulangan global warming
Tanam pohon sebagai usaha efektif penanggulangan global warming
(sumber: images google)


Pohon dapat kita gunakan untuk penghijauan lahan gundul atau lahan sekitar pekarangan rumah. Pohon memiliki kemampuan untuk menyerap karbon dioksida yang merupakan salah satu gas rumah kaca, sehingga udara menjadi bersih dan sejuk.

Kesejukan ini dapat dirasakan apabila kadar oksigen di bumi sangat melimpah dan kandungan karbon dioksida semakin sedikit. 

Misalnya yang dapat kita ketahui untuk mewujudkan tujuan tersebut yaitu dengan program 

Misalnya usaha tersebut dapat dilakukan mulai dari yang terkecil dulu, dengan program mananam pohon untuk para pelajar di lingkungan sekolahnya. Bisa juga dilakukan dengan cara mengadakan program reboisasi dalam lingkungan masyarakat, dan lain - lain.

Jadi, usaha - usaha sederhana tersebut apabila dilakukan secara berkelanjutan akan mengurangi secara efektif emisi karbon dioksida yang ada di sekitar kita.


3#. Pelestarian Kawasan Hutan

Semakin meningkatnya pemanasan global tidak lepas dari semakin rusaknya kawasan hutan. Hutan yang seharusnya kita jaga, justru selama ini tidak dapat berfungsi sebagaimana mestinya.

Kawasan hutan banyak yang rusak akibat praktik - praktik pembalakan secara liar atau "illegal logging". Hutan yang berfungsi sebagai paru - paru dunia, sekarang menjadi ladang bagi investor untuk membuka lahan baru untuk area perkebunan kelapa sawit, pemukiman, dan pendirian gedung tanpa memikirkan risiko yang muncul setelah beberapa tahun kemudian.

Dengan segala keuntungan yang akan diperoleh, manusia semakin terpacu untuk menjadikan lingkungan pada keadaan tidak seimbang.

Terakhir diperbarui: 29-03-2018
No Comment