Skip to main content

follow us

Besaran adalah segala sesuatu yang dapat diukur, memiliki satuan, dan dinyatakan dengan angka. Secara umum, besaran dibagi menjadi 2 macam, yaitu Besaran Pokok dan Besaran Turunan.

Agar lebih jelas mengenai materi ini, silakan baca dan pahami ulasan berikut:



Besaran Pokok dan Besaran Turunan

#1# Pengertian Besaran dan Macamnya

Ada 2 jenis besaran, yaitu Besaran Pokok dan Besaran Turunan.

Besaran Pokok merupakan besaran yang satuannya ditetapkan secara internasional. Terdapat 7 macam besaran pokok, yaitu : panjang, massa, waktu, kuat arus, intensitas cahaya, suhu, dan jumlah zat.

Sedangkan yang dimaksud Besaran Turunan yaitu besaran yang diturunkan dari beaaran pokok, artinya besaran turunan ini terdiri atas gabungan besaran pokok.

Besaran turunan dihasilkan dengan cara melakukan perkalian maupun pembagian dua atau lebih dari suatu besaran pokok dengan besaran pokok lainnya.


Contoh Alat Ukur Besaran Pokok dan Besaran Turunan
(sumber: images google)


Contoh dari besaran yaitu : Luas (diturunkan dari besaran Panjang, rumusnya : panjang x lebar), Volume (diturunkan dari besaran Panjang, rumusnya : panjang x lebar x tinggi), Kelajuan (diturunkan dari besaran Panjang dan Waktu, rumusnya : jarak / waktu), Gaya (diturunkan dari besaran Massa, Panjang, dan Waktu, rumusnya : massa x percepatan), dan lain - lain.


#2# Pengertian Satuan dan Macamnya

Satuan merupakan suatu pembanding dan pengukur besaran atau sesuatu yang menyatakan jumlah besaran.

Adapun pembagian satuan dalam fisika menjadi 3 macam, yaitu Satuan Pokok,Satuan Turunan., dan Satuan Sistem Internasional (SI).

#) Satuan Pokok merupakan satuan yang digunakan untuk menyatakan jumlah besaran pokok dan nilainya sudah ditetapkan dan disepakati secara internasional. Satuan pokok disebut sebagai satuan Sistem Internaional (SI).

Berikut adalah daftar besaran pokok beserta satuannya menurut Sistem Internasional (SI).

No
Nama Besaran Pokok
Satuan dalam SI
1
Panjang
meter (m)
2
Massa
kilogram (kg)
3
Waktu
sekon (s)
4
Suhu
kelvin (K)
5
Kuat arus listrik
ampere (A)
6
Jumlah zat
mol
7
Intensitas cahaya
candela (cd)


#) Satuan Turunan merupakan satuan yang diturunkan dari satuan pokok (Satuan SI). Contoh dari satuan turunan yaitu m/s, m², m³, newton, joule, volt, watt, dll.


#) Satuan Sistem Internasional (SI) merupakan satuan yang ditetapkan secara internasional bagi setiap besaran. Satuan yang termasuk ke dalam satuan Sistem Internasional (SI) adalah semua satuan pokok dan satuan besaran turunan yang berasal dari satuan besaran pokok.

Contoh dari satuan Sistem Internasional yaitu Luas (m²), Volume (m³), Kecepatan (m/s), Massa Jenis (kg/m³), Gaya (Newton), Percepatan (m/s²), dan lain - lain.


Demikian ulasan tentang Pembahasan Materi Besaran Pokok dan Besaran Turunan, semoga menambah wawasan keilmuan kita.

Selamat Belajar dan Berkarya, Semoga Sukses!

Terakhir diperbarui: 29-03-2018

Comment Policy: Silakan berkomentar sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar

This website uses cookies to ensure you get the best experience on our website. More Info