Kisi - kisi UN dan USBN 2019 Tingkat SMP-SMA
Pembahasan Komponen Ekosistem dan Interaksi Makhluk Hidup dengan Lingkungannya

Pembahasan Komponen Ekosistem dan Interaksi Makhluk Hidup dengan Lingkungannya

Pembahasan Komponen Ekosistem dan Interaksi Makhluk Hidup dengan Lingkungannya

Apakah ekosistem itu? Bagaimana ekosistem terbentuk? Apa saja komponen penyusun ekosistem?

Beberapa pertanyaan di atas merupakan pengantar kita untuk lebih dapat mendalami pembahasan tentang Ekosistem.

Mari kita pelajari dan pahami materi komponen ekosistem dan interaksi makhluk hidup dengan lingkungannya ini.



A. Pengertian Ekosistem

Ekosistem adalah suatu interaksi hubungan timbal balik antara makhluk hidup dengan lingkungannya. Suatu ekosistem tersusun atas komponen makhluk hidup (Biotik) dan komponen benda mati (Abiotik).

Kedua komponen tersebut saling terkait dalam interaksi dan saling mempengaruhi.


1#. Komponen Biotik

Berdasarkan peran suatu makhluk hidup dalam ekosistem (istilahnya disebut nisia), komponen biotik dikelompokkan menjadi beberapa peran, yaitu: Produsen, Konsumen, dan Dekomposer (pengurai).

Adapun berdasarkan cara makhluk hidup dalam mendapatkan makanan, komponen biotik dibedakan menjadi 2 kelompok, yaitu organisme Autotrof dan organisme Heterotrof.

Organisme Autotrof artinya organisme yang dapat menghasilkan makanan sendiri melalui reaksi biokimia dikenal dengan reaksi Fotosintesis. Kelompok organisme Autotrof terdiri atas Tumbuhan berklorofil dan mikroorganisme uniselluler yang memiliki kloroplas, sebagai organela pembentuk klorofil.

Sedangkan organisme Heterotrof artinya organisme yang tidak dapat menghasilkan makanan sendiri, dengan kata lain organisme ini mendapatkan makanan dengan cara memangsa organisme lainnya untuk memenuhi kebutuhan energinya. Kelompok organisme Heterotrof terdiri atas Herbivora, Karnivora, dan Dekomposer.


Populasi Bangau dalam Pembahasan Komponen Ekosistem dan Interaksi Makhluk Hidup dengan Lingkungannya
Populasi Bangau dalam Pembahasan Komponen Ekosistem dan Interaksi Makhluk Hidup dengan Lingkungannya
(sumber: images google)



2#. Komponen Abiotik

Komponen abiotik terdiri atas seluruh benda tak hidup yang ada di sekitar makhluk hidup, seperti: tanah, air, udara, cahaya matahari, suhu, dan iklim.


3#. Saling Ketergantungan Antarsesama Biotik

Tidak ada satupun makhluk hidup yang dapat hidup sendiri. Antara makhluk hidup satu dengan yang lainnya terjadi saling ketergantungan. Sehingga apabila salah satu ekosistem berubah, maka juga akan mengubah pola seluruh ekosistem tersebut.

Salah satu bentuk ketergantungan antara sesama komponen biotik dalam ekosistem tersebut adalah peristiwa makan dan dimakan.

Hubungan antara organisme satu dengan lainnya dalam peristiwa makan dan dimakan dibagi menjadi 3 interaksi, yaitu:

#1#. Rantai Makanan
Merupakan peristiwa makan dan dimakan yang melibatkan satu jalur saja.

#2#. Jaring - jaring Makanan
Merupakan peristiwa makan dan dimakan yang tersusun atas lebih dari dua jalur rantai makanan.

#3#. Piramida Makanan
Merupakan gambaran dari tingkatan peebandingan kandungan zat makanan dan aliran energi dari Produsen sampai Konsumen Puncak dan biasanya dikelompokkan berdasarkan tingkat Trofik.

Tingkat trofik pertama adalah kelompok Tumbuhan (Autotrof), tingkat trofik kedua adalah Herbivora, tingkat trofik ketiga adalah Karnivora, dan seterusnya sampai tingkat trofik teratas diduduki oleh Konsumen Puncak dengan jumlah organisme paling sedikit dan mendapatkan aliran energi terendah.


#4#. Proses Perpindahan Energi

Proses perpindahan energi dalam suatu ekosistem berawal dari sumber utama makhluk hidup,  yaitu sinar matahari. Sinar matahari yang kaya akan energi dimanfaatkan tanaman untuk melangsungkan proses Fotosintesis.

Dari proses Fitosintesis, dihasilkan sumber energi yang disebut zat tepung (Amilum). Zat ini yang dimanfaatkan oleh organisme Autotrof tersebut sebagai sumber energi sekaligus cadangan makanannya.

Dari organisme Autotrof itu selanjutnya berpindah ke Herbivora melalui peristiwa rantai makanan. Selanjutnya energi terus berpindah menuju Karnivora (konsumen 1, 2, 3, dst) sampai dimanfaatkan oleh Konsumen Puncak.

Perpindahan energi ini terjadi secara berulang dan setiap waktu, seumur hidup suatu organisme di bumi.

Demikian pembahasan tentang Komponen Ekosistem dan Interaksi Makhluk Hidup dengan Lingkungannya yang dapat Admin sajikan. Semoga apa yang kita pelajari dalam kesempatan ini dapat menambah wawasan pengetahuan dan semoga bermanfaat.

Selamat Belajar dan Berkarya, Semoga Sukses!

Terakhir diperbarui: 03-04-2018
No Comment