Kisi - kisi UN dan USBN 2019 Tingkat SMP-SMA
Pahami Tentang Keselamatan Kerja dan Simbol - simbol Laboratorium Berikut

Pahami Tentang Keselamatan Kerja dan Simbol - simbol Laboratorium Berikut

Pahami Tentang Keselamatan Kerja dan Simbol - simbol Laboratorium Berikut

Dalam sebuah pengamatan tidak lepas dari kegiatan percobaan atau eksperimen. Eksperimen merupakan kegiatan yang sangat menarik, namun juga dapat membahayakan.

Oleh karena itu, kita harus benar - benar memahami dan mampu memperlakukan alat dan bahan secara aman. Sehingga memperkecil risiko terjadinya kecelakaan.

Hal - hal apa saja yang harus dipahami oleh seseorang yang akan melakukan kegiatan eksperimen? Silakan baca dan pahami penjelasan berikut:



A). Alat dan Bahan Laboratorium

Di dalam laboratorium terdapat beberapa jenis alat dan bahan, serta perlengkapan laboratorium lainnya. Keselamatan kerja diperlakukan sesuai dengan kebutuhan.

Kebutuhan alat dan bahan laboratorium didasarkan pada tujuan yang hendak dicapai.

Alat merupakan suatu benda yang digunakan dalam melakukan kegiatan praktikum, eksperimen, dan penelitian. Sedangkan bahan merupakan suatu benda yang diteliti atau diuji dalam suatu praktikum atau eksperimen.

Untuk mencegah terjadinya bahaya dari alat dan bahan yang digunakan, maka perlu diperhatikan hal - hal sebagai berikut


1). Biasakan membawa peralatan dari kaca dengan sikap vertikal dan mengunakan kedua tangan, dan jangan dijinjing.

2). Gunakan pipet hisap atau tekan karet pipet dengan pijitan

3). Jangan menengok isi tabung reaksi dari arah lubang, terutama ketika atau usai dipanaskan.

4). Jangan menghadapkan mulut tabung reaksi yang sedang atau usai dipanaskan ke arah tubuh orang lain.

5). Perhatikan prosedur penggunaan alat yang terbuat dari kaca dalam kegiatan pemanasan. Kaca yang tahan panas dan biasa direkomendasikan yaitu pyrex.

6). Pahami prosedur kerja dan informasi tentang memperlakukan bahan - bahan kimia.

7). Jangan meletakkan botol yang berisi bahan kimia langsung terkena sinar matahari.

8). Alat yang berputar kuat diletakkan pada tempat yang kokoh.



B). Simbol - smbol Keselamatan Kerja

Terdapat bahan - bahan kimia yang bersifat korosif, beracun, da lainnya yang tentunya sangat berbahaya. Agar dapat dikenali, maka perlu diberi simbol.

Simbol yang diberikan menunjukkan sifat dari bahan kimia yang terdapat di dalamnya.

Perhatikan simbol - simbol berikut!

Simbol - simbol keselamatan kerja di Laboratorium
Simbol - simbol keselamatan kerja di Laboratorium
Keterangan:

1. Gambar ini menunjukkan suatu bahan (zat kimia) mengandung racun atau toksin.
Contohnya adalah Sakarin, Siklamat, Nitrosamin, Rhodamin-B, Metanil Yellow, Monosodium Glutamat (MSG), Formalin, Boraks (semuanya itu merupakan campuran bahan pangan atau minuman).

Ada juga bahan lain seperti Aseton, Benzena, Etanol, Toluena, Xylane, Phtalate, Bisphenal A (semuanya itu merupakan bahan kimia yang kita jumpai dalam kehidupan sehari - hari).


2. Gambar ini menunjukkan suatu bahan (zat kimia) dapat menyebabkan iritasi. Senyawa yang dapat menyebabkan iritasi ini disebut iritan.
Contohnya adalah Formaldehid, Kalsium oksida, Asam asetat, Arsen, Sulfur dioksida, Seng klorida, Klorobenzena, Etil alkohol, Klor, Berilium, Fosgen, Asam kromat, Ammonia, Etilen oksida, Aseton, Asam fosfat, Stiren, Trikloretilen, Xylene, Asam nitrat, Hydrogen klorida, Fosfor (kuning).


3. Gambar ini menunjukkan suatu bahan (zat kimia) yang mudah terbakar.
Contohnya adalah Alkohol, Aseton, Benzena, Eter, Methanol, n-heksana, Pentana, Belerang, Hidrida logam, Logam alkali, Fosfor merah, Asetilen.


4. Gambar ini menunjukkan suatu bahan (zat kimia) merupakan bahan yang mengandung senyawa radioaktif.
Contohnya adalah Nuklir, Cat litter (kotak pembuangan urine kucing), Detector asap, Lampu Flourescent, Batu permata, Keramik, Logam daur ulang.


5. Gambar ini menunjukkan suatu bahan (zat kimia) dapat menyebabkan korosif.
Contohnya adalah Asam sulfat, Asam klorida, Asam fosfat, Asam formiat, Asam asetat, Asam karbonat, Natrium silikat, Amoniak, Sulfur klorida, Formaldehid.


6. Gambar ini menunjukkan suatu bahan (zat kimia) dapat meledak.
Contohnya adalah Mercury fulminat, Timbal azida, Sianurat triazia (CTA). Diazodinitrofenol (DDNP), Tetrasen, Heksametilendiamin peroksida (HMTD) (semua bahan tersebut tergolong bahan peledak murni).

Ada juga bahan lain seperti Nitrometan, Dinitromentan, Trinitrometan atau Nitroform, Tetranitrometan, Nitrobenzen (NB), Dinitrobenzen, Trinitrobenzen, Mononitrotoluen (MNT), Dinitrotoluen (DNT), Trinitrotoulen (TNT), Dinitro-m-Xylen (DNX), Trinito-M-Xylen (TNX), Mononitronaftalen (MNN), Dinitrofenol, Trinitrofenol, Ammonium pitrat, Trinitro-m-kresol (merupakan bahan peledak kuat).


Demikian materi tentang keselamatan kerja dan pengenalan simbol - simbol dalam bekerja baik di dalam Laboratorium maupun di luar ruangan (Laboratorium). #Materiipa16

Terakhir diperbarui : 12-11-2018
No Comment