Kisi - kisi UN dan USBN 2019 Tingkat SMP-SMA
8 Ciri - ciri yang Dimiliki Makhluk Hidup

8 Ciri - ciri yang Dimiliki Makhluk Hidup

8 Ciri - ciri yang Dimiliki Makhluk Hidup

Apakah yang disebut makhluk hidup? Apa saja ciri - ciri yang dimiliki makhluk hidup? Berikut adalah pembahasan singkat materi ciri - ciri makhluk hidup.

Secara umum, ciri - ciri yang ditemukan pada makhluk hidup adalah bernapas, bergerak, makan dan minum, berkembang biak, mengeluarkan zat sisa, peka terhadap rangsang, dan dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan.



A. Ciri - ciri Makhluk Hidup


1. Bernapas
Benapas (respirasi) merupakan proses mengambil oksigen dari lingkugan dan mengeluarkan karbon dioksida dari tubuh.

Manusia bernapas dengan paru - paru. Hewan juga bernapas dengan paru -paru. Misalnya kambing, kucing, sapi, harimau, kelinci, ikan paus, dan ikan lumba - lumba. Sedangkan hewan yang bernapas dengan insang misalnya ikan mujair, ikan nila, ikan lele, ikan koi, dan ikan patin. Tumbuhan juga bernapas mengambil oksigen melalui stomata pada daun dan lentisel pada batang dan akar.


2. Memerlukan Makanan dan Minuman
Makanan dan minuman merupakan kebutuhan bagi seluruh makhluk hidup. Makanan berfungsi untuk menghasilkan energi, pertumbuhan, dan mengganti sel yang rusak. Sedangkan air berfungsi sebagai pelarut di dalam tubuh.

Setiap makhluk hidup memiliki cara yang berbeda - beda untuk mendapatkan makanan. Tumbuhan hijau dapat menyusun makananannya sendiri dari air (H2O) dan karbon dioksida (CO2) dengan bantuan sinar matahari melalui suatu rangkaian proses yang disebut Fotosintesis.

Hasil fotosintesis berupa zat tepung (karbohidrat) dan oksigen (O2). Oleh karena kemampuannya untuk membuat makanan sendiri berupa bahan organik, tumbuhan disebut sebagai makhluk hidup autotrof. Sedangkan makhluk hidup yang menggunakan bahan organik sebagai sumber makanannya disebut sebagai makhluk hidup heterotrof, contohnya adalah manusia dan hewan.


8 Ciri - ciri yang Dimiliki Makhluk Hidup
Ilustrasi ciri - ciri yang dimiliki makhluk hidup
(sumber: images google)


3. Bergerak
Semua makhluk hidup dapat bergerak atau berpindah tempat. Manusia dan hewan untuk dapat bergerak memerlukan sarana pembantu yang disebut alat gerak. Alat gerak dpaat berupa kaki untuk berjalan maupun berlari, sirip pada ikan untuk berenang, dan sayap pada burung untuk terbang.

Sebaliknya pada tumbuhan, pergerakannya dilakukan oleh sebagian tubuhnya sehingga tidak terlihat adanya perpindahan tempat. Contoh gerak tumbuhan adalah ujung batang bergerak mendekati arah datangnya cahaya dan akar bergerak ke bawah menembus tanah.


4. Tumbuh dan Berkembang
Setiap makhluk hidup pasti mengalami pertambahan ukuran yang bersifat (irreversible), yaitu perubahan yang tidak dapat kembali seperti semula. Sebagai contohnya, mari kita bandingkan tubuh kita pada saat kecil sampai detik ini. Berat dan tinggi badan antara waktu masih kecil dengan sekarang tentu berbeda jauh lebih tinggi dan lebih berat.

Sedangkan perkembangan adalah serangkaian proses makhluk hidup menuju tingkat kedewasaan atau matang secara fisiologis.

Sebagai contohnya adalah manusia, yang mulai sejak lahir belum bisa bicara dan berjalan, setelah beberapa tahun kemudian bisa berbicara bahkan berlari kencang. Begitu juga pada hewan, misalnya adalah kupu - kupu. Berawal dari induk bertelur, kemudian menetas menjadi larva, kemudian menjadi kepompong, menjadi kupu - kupu muda, dan berlanjut menjadi kupu - kupu dewasa (imago).


5. Berkembangbiak (Reproduksi)
Berkembangbiak merupakan salah satu upaya yang dilakukan makhluk hidup dengan tujuan untuk melestarikan keturunannya agar tidak punah.

Cara berkembangbiak makhluk hidup berbeda - beda tergantung kondisi lingkungan dan daya dukung hidupnya.

Secara umum, perkembangbiakan dapat terjadi secara generatif (seksual atau kawin) dan vegetatif (aseksual atau tidak kawin).

>> Reproduksi generatif, merupakan reproduksi dengan cara peleburan antara gamet jantan (sperma) dengan sel telur (ovum).

>> Reproduksi vegetatif, merupakan reproduksi dengan tanpa adanya peleburan gamet jantan dan gamet betina.

Contoh dari makhluk hidup yang melakukan reproduksi secara generatif adalah manusia, juga hewan tingkat tinggi seperti golongan mamalia, reptil, aves, pisces, dan insekta.

Sedangkan contoh makhluk hidup yang melakukan reproduksi secara vegetatif adalah melalui pertunasan (contohnya pohon pisang), stek (contohnya pohon mangga), dan umbi (contohnya singkong).


6. Peka Terhadap Rangsang (Iritabilita)
Iritabilitas adalah kemampuan suatu makhluk hidup dalam menanggapi rangsangan. Manusia dan hewan menggunakan indra untuk mengenali rangsangan.

Sebagai contohnya, mata peka terhadap rangsangan cahaya, hidung peka terhadap rangsangan bau, telingan peka terhadap rangsangan getaran suara, lidah peka terhadap rasa suatu zat, dan kulit peka terhadap sentuhan dan tekanan.

Tumbuhan tidak memiliki indra seperti manusia dan hewan, namun peka terhadap rangsangan. Misalnya ujung akar tumbuh ke bawah karena gaya gravitasi, putri malu akan mengatupkan daunnya jika disentuh, dan ujing batang akan selalu menghadap ke arah datangnya cahaya.


7. Mengwluarkan Zat Sisa (Eksresi)
Ekskresi adalah pengeluaran zat - zat sisa metabolisme ke luar tubuh. Ekaresi dangat diperlukan karena zat sisa bersifar racun, sehingga apabila tidak dikeluarkan akan mengganggu kinerja tubuh.

Setiap makhluk hidup memiliki alat ekskresi yang berbeda - beda. Manusia mengeluarkan urine melalui ginjal, karbon dioksida dan uap air melalui paru - paru, air dan garam mineral berupa keringat melalui kulit. Tumbuhan mengeluarkan karbon dioksida dan uap air melalui stomata dan lentisel.


8. Beradaptasi
Adaptasi adalah kemampuan makhluk untuk menyesuaikan diri dengan lingkungannya guna mempertahankan kehidupannya. Sebagai contohnya adalah pohon jati akan menggugurkan daunnya pada saat musim kemarau untuk mengurangi penguapan.

Selain itu, kaktus memiliki daun berbentuk duri untuk mengurangi proses penguapan di lingkungan yang panas. Teratai memiliki daun yang lebar untuk mempercepat penguapan di lingkungan yang berair. Ada juga Unta yang menyimpan lemak di punuk sebagai cadangan makanannya.


Demikian pembahasan materi tentang ciri - ciri yang dimiliki makhluk hidup, semoga ulasan materi ini dapat membantu.

Terakhir diperbarui: 29-03-2018
No Comment